Electromechanic

Technologie News And Life Style E-Magazine

Hemat Energy Versus Tampak Luar Bangunan

Bila kita lihat bangunan-bangunan gedung tinggi yang baru dibangun di kota kita Jakarta tergelitik suatu pertanyaan dalam diri penulis apakah bangunan-bangunan tersebut didesain dengan memperhatikan tingginya tingkat penggunaan energy pada gedung tersebut.

Dari lebih 17 tahun berkecimpung dalam dunia konsultan dan pengawasan bangunan penulis memperhatikan banyak gedung-gedung yang desain dasarnya berasal dari arsitek-arsitek luar negeri yang kebanyakan dari Amerika dan Eropa. Dalam desain tersebut mereka (desainer luar negeri) banyak langsung menerapkan desain yang cocok di daerah asal mereka alih-alih gedung-gedung tersebut boros energi.

Bila kita lihat gedung-gedung disekitar Jl. Gatot Subroto, Jl. Sudirman, Jl. Kuningan terlihat banyak gedung yang menggunakan hampir seluruh dindingnya dengan kaca dimana secara teoritis beban panas dari matahari yang menembus kaca dibandingkan dengan dinding bata/hebel hampir 5 kali lipatnya, bisa dibanyangkan berapa banyak listrik yang terbuang hanya karena ingin gedung terlihat modern. Beban pendingina gedung akan meningkat. Kalau meminjam kata-kata seorang rekan kami mengatakan bahwa mereka (desainer luar negeri) adalah “Arsitek Rindu Matahari”.

Februari 23, 2009 - Posted by | Pengetahuan Populer

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: